Thursday, March 16, 2017

15 Manfaat dan Khasiat Madu Bagi Kesehatan dan Kecantikan


Manfaat Madu - Madu dihasilkan oleh lebah dengan memiliki sangat banyak manfaat untuk berbagai macam masalah kesehatan. Madu sudah dipercaya sejak ratusan tahun lalu untuk digunakan dalam kesehatan dan juga pengobatan secara tradisional dan alami.

Khasiat Madu untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Sistem Imun tubuh
Madu juga berkhasiat untuk membunuh baketeri. Selain itu madu memiliki manfaat sebagai antioksidan yang dapat mengatasi radikal bebas berbahaya yang bisa saja merusak tubuh dan juga kulit. Dalam madu terdapat gula alami yang dapat menyehatkan tubuh ndan suja merupakan sumber kalori yang baik bagi tubuh.

2. Membantu Proses Detoksifikasi
Kandungan berbagai zat yang bermanfaat dalam segelas air hangat dan madu dapat membantu tubuh Anda untuk membuang racun yang ada didalam tubuh. Ketika tubuh Anda mampu buang air besar dengan teratur maka racun yang berada dalam tubuh dapat dikeluarkan. Campuran air hangat dengan madu dan ditambahkan perasan lemon juga bisa membuat pembuangan racun lebih efektif, karena didalam lemon memiliki kandungan asam sitrat yang dapat membantu meningkatkan fungsi enzim sehingga dapat membantu dalam proses detoksifikasi dalam tubuh.

3. Menjaga Sistem Pencernaan
Madu salahsatunya memiliki khasiat menjaga sistem pencernaan karena memiliki kandungan antiseptik didalamnya sehingga dapat membantu dalam mengurangai kadar keasaman dalam perut selain itu madu juga dapat meningkatkan produksi lendir yang ada didalam usus. Bila Anda memiliki problem dengan buang air besar, Anda bisa menggunakan campuran air hangat dengan madu ini sebagai solusi menjaga pencernaan Anda.

4. Meningkatkan Energi Pada Pagi Hari
Karena madu memiliki berbagai macam khasiat yang sangat baik bagi tubuh, Anda bisa mengganti kopi dengan segelas air hangat yang dicampur dengan madu untuk mengawali aktivitas Anda pada pagi hari.

5. Mengurangi Iritasi Pada Tenggorokan
Selain itu khasiat madu dicampur dengan air hangat lainnya menurut Mayo Clinic dapat mengurangi perasaan sakit dan juga iritasi pada tenggorokan. Ketika mengkonsumsi madu, madu dapat meredakan rasa sakit pada tenggorokan dan air hangatnya dapat meredakan rasa sakitnya. Ketika Anda merasakan sakit batuk juga bisa dengan memanfaatkan madu ini.

6. Melembabkan Kulit
Untuk membuat kulit menjadi lebih lembut Anda bisa menggunakan madu ssecara teratur untuk melembutkan kulit ataupun rambut pada keadaan yang kering sekalipn. Anda bisa mengoleskan madu pada daerah leher dan juga wajah untuk melembutkan kulit Anda bahkan bisa menggunakan bahan alami lainnya sebagai campuran.

7. Memelihara Kecantikan Kulit
Selain menggunakan pada kulit, Anda juga dapat meminum madu secara berkala juga. Madu memiliki kandungan magnesium, potasium dan juga kalsium yang dapat membantu dalam regenerasi sel kuit sehingga kulit akan nampak sehat dan juga indah.

8. Mencegah Penuaan Pada Kulit
Tanda-tanda penuaan dapat dikurangai dengan menggunakan madu, sehingga Anda akan terlihat menjadi lebih muda karena madu memiliki manfaat sebagai penangkal radikal bebas. Bahkan madu bisa dibuat menjadi toner dengan mencampurnya dengan beberapa bahan alami lainnya. Caranya dengan mencampur dua sendok teh lemon, dua senodk teh madu dan campurkan air secukupnya kemudian masukan campuran tadi kedalam botol yang bersih selanjutnya kocok hingga merata dan Anda bisa menggunakan toner ini pad umumnya. Anda bisa menggunakan beberapa tetes toner pada kapas dan usapkan pada wajah yang telah dibersihkan.

9. Menyembuhkan Luka Pada Kulit
Dengan mengkonsumsi madu Anda bisa meminimalkan terjadinya dari infeksi dan juga luka. Esensi gula dalam madu dapat membantu mempercepat penyambuhan pada luka selain itu madu juga memiliki kandungan Anti-mikroba.

10. Melindungi Kulit
Khasiat madu yang cukup terkenal yaitu dapat melindungi kulit. Madu memiliki kandungan antioksidan, anti-jamur dan anti-mikroba yang dapat menyembuhkan bintik merah, infeksi kulit dan juga menyembuhkan luka.

11. Membersihkan Kulit
Madu bisa digunakan sebagai pembersih kulit karena ada kandungan enzim yang berada didalamnya tanpa mengurangi kandungan kulit, campuran air dan madu dapat menghasilkan antiseptik yang lembut dan bisa membersihkan kulit.

12. Baik Untuk Pencernaan
Madu memiliki enzim yang dapat membantu Anda mencerna makanan. Jika Anda memiliki masalah pencernaan maka Anda harus meminum madu dengan air hangat setelah makan makanan inti.

13. Mengobati Batuk
Beberapa penelitian menyebutkan rasa manis dari madu dapat memicu munculnya produksi air liur dan lendir. Kondisi semacam ini bisa membantu membasahi bagian tenggorokan, sehingga dapat meredakan batuk. Mengonsumsi madu sebelum tidur dapat membantu mengatasi batuk kering dan berdahak secara alami, baik itu untuk orang dewasa ataupun anak berusia lebih dari dua tahun. Khasiat madu satu ini sepertinya dapat disamakan dengan obat batuk yang mengandung dextromethophan.

14. Mencegah Diabetes
Sudah banyak penelitian yang membuktikan manfaat madu untuk diabetes. Menurut beberapa penelitian, kandungan senyawa dalam madu bisa menurunkan kadar gula darah. Khasiat madu ini sangat penting, baik kamu yang menderita diabetes ataupun yang belum terserang.

15. Mengobati asam urat
Biasanya asam urat banyak menyerang mereka yang sudah memasuki usia senja. Tingginya kadar purin dalam tubuh dipercaya menjadi pemicu asam urat.  Agar purin tidak diubah menjadi asam urat berlebih konsumsilah madu secara rutin minimal 3-4 sendok sehari. Kandungan mineral alami dalam madu seperti kalium, kalsium, magnesium, selenium, dan sejenisnya dapat membantu menjaga kadar asam urat dalam tubuh. Bahkan bila dikonsumsi rutin, madu dapat mencegah munculnya keropos tulang pada lansia.



Nah, banyak banget kan manfaat madu untuk tubuh kita? Apa Anda masih ragu dengan keunggulan madu?. Semoga artikel Khasiat Madu untuk Kesehatan ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi para pembaca semua. J

No comments:

Post a Comment