Saturday, March 18, 2017

Tips dan Cara Menjadi Orang Sukses Di Usia Muda


Siapa sih orang di dunia ini yang nggak kepengen sukses ? Pasti semua orang pengen dong ya. Banyak cara menjadi orang sukses di usia muda, diantara langkah umum yang perlu kita pahami ialah bagaimana supaya kita bisa melakukan apa yang juga di lakukan oleh mereka yang bisa sukses di usia muda.
Namun kita semua juga harus paham bahwasanya kesuksesan bukanlah hal yang bisa di capai hanya dengan santai berada dalam zona nyaman kehidupan, kesuksesan bukan ibarat hujan yang turun dari langit, karena kesuksesan bisa menghampiri seseorang apabila ia punya usaha.
Banyak orang sukses yang memulai kesuksesannya dari sebuah impian atau cita-cita untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik, lalu impian tersebut berubah menjadi niat, dan mereka kemudian mengembangkannya menjadi sebuah usaha dan visi yang jelas, hingga akhirnya berhasil mengubah impian mereka jadi sebuah kenyataan. 

Oke kita akan bahas satu persatu bagaimana caranya menjadi orang sukses di usia muda berikut ini :

1. Punya Niat dan Keinginan Yang Kuat

Untuk sukses di usia muda harus punya niat sukses dan memiliki keinginan untuk sukses, jangan hanya mengkhayal saja tapi tekadkan niat anda dengan kuat dan tanamkan ambisi yang membara bahwa anda harus bisa sukses. Apa pun itu niat adalah hal yang pertama harus di tanamkan untuk mencapai sesuatu yang di inginkan.

2. Memiliki Impian Sukses

Jangan hiraukan perkataan orang lain tentang impian anda, karena impian mampu menjadi bahan bakar semangat anda. Tuliskan impian anda sebanyak - banyaknya pada sebuah buku, lalu baca bila perlu tempelkan pada dinding yang sering anda lihat. tetaplah jaga semangat dan Motivasi sukses anda.

3. Buat Strategi

Buatlah rencana atau strategi apa yang akan anda lakukan untuk mencapai tujuan anda.

4. Punya Tujuan / Target Sukses

Untuk sukses di usia muda harus punya tujuan, tentukan tujuan anda, buatlah menjadi 3 bagian :tujuan jangka pendek,menengah dan tujuan jangka panjang. Jika hidup tidak punya tujuan maka anda hanya ibarat sebuah perahu di lautan yang terombang ambing kesana kemari tanpa arah dan tujuan.

5. Kerja keras / Usaha

Jika anda ingin sukses, pastilah anda harus bekerja keras. Dan hal ini harus sering dilakukan setiap hari, agar hasil yang kita dapat itu maksimal. Beranilah menerima dan mengambil resiko, karena resiko adalah alat pembentukan kekuatan dan kehebatan diri, berani merubah ide, rencana, gagasan dan tindakan anda. Tidak ada kesuksesan tanpa resiko, makan saja ada resiko kekenyangannya.

6. Lakukan Evaluasi

Selalu melakukan evaluasi terhadap hasil kerja anda, buat jadwal atau waktu untuk melakukan evaluasi secara rutin. Misalnya, setiap akhir bulan atau setiap beberapa bulan sekali. Dengan melakukan evaluasi secara rutin, anda bisa melihat perkembangan usaha anda, apa yang kurang, dan apa yang perlu dipertahankan.

7. Hasil / Result

Anda harus berani menerima kenyataan hasil usaha anda, suka atau tidak itulah hasil anda, setiap hasil yang kita inginkan akan berbanding seimbang dengan usaha anda. Terus lakukan inovasi menjadi lebih baik.

8. Jangan Mudah Menyerah

Seperti yang sudah dibahas, untuk menuju sebuah kesuksesan banyak sekali rintangan yang akan anda hadapi. Saat anda mengalaminya, jangan pernah menyerah. Cobalah untuk mencari solusi terbaik untuk menyelesaikannya dan jadikan rintangan tersebut sebagai pengalaman. 

9. Bergaul Dengan Banyak Orang

Untuk menjadi orang yang sukses, anda tidak bisa hanya mengerjakannya sendirian. Apa pun usaha anda, anda membutuhkan jaringan yang luas. Untuk itu, jadilah orang yang supel dan mudah bergaul. Miliki teman sebanyak-banyaknya. Untuk menjadi sukses dalam setiap usaha yang anda kerjakan, maka memiliki teman bisa dibilang adalah sebauh investasi yang baik.

10. DOA

Disini Doa merupakan salah satu hal yang paling berpengaruh untuk mencapai kesuksesan. Jika anda tidak pernah berdoa dalam melakukan segala hal, Allah pasti menyebut diri anda adalah sombong, egois, dan pelit. Dan Allah juga tidak akan memberikan rizki sepenuhnya kepada anda.

Kebiasaan-Kebiasaan Supaya Menjadi Orang Sukses

1. Bangun Lebih Pagi
Bangun lebih pagi ternyata memiliki segudang manfaat. Anda memiliki kesempatan untuk bisa hadir sebelum anda dihantui oleh berbagai macam pekerjaan yang harus anda selesaikan. Hal ini dapat membangun mood anda menjadi lebih baik. Hal pertama yang dapat anda lakukan agar dapat menyesuaikan jadwal sehingga mampu bangun lebih pagi adalah memindahkan semua pekerjaan yang seharusnya anda selesaikan pada malam hari dan mengerjakannya pada pagi hari.

2. Kerjakan Tugas Yang Lebih Penting Terlebih Dahulu
Sebagian besar orang memilih untuk melakukan pekerjaan yang sederhana terlebih dahulu sesaat mereka sampai di tempat kerjaan. Namun nyatanya, otak kita ternyata memiliki kemampuan paling produktif ketika di awal hari. Jadi, hal ini merupakan waktu yang paling tepat untuk mengerjakan pekerjaan yang membutuhkan kreatifitas yang tinggi.

3. Bekerja Disaat Mereka Tidak Harus Melakukannya
Di saat pagi, malam bahkan akhir pekan di mana sebagian orang tidak memilih untuk tidak bekerja, orang-orang sukses ini justru memilih untuk terus bekerja ketika inspirasi menghampiri mereka. 

4. Mengumpulkan Jadwal Pada Suatu Tempat
Orang-orang biasanya memilih untuk membuat semua jadwal mereka di beberapa tempat yang berbeda, seperti handphone, komputer ataupun agenda pribadi. Daripada melakukan hal ini, Anda dapat mencoba untuk mengumpulkan semuanya dalam satu tempat.

5. Tidak Mudah Panik
Sebagian orang merasa cemas dan stress ketika apa yang mereka harapkan tidak berjalan sesuai apa yang diharapkan, namun nyatanya hal-hal seperti ini pasti saja akan terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari. Mampu menghadapi permasalahan merupakan bagian besar dari kesuksesan seorang pengusaha. Coba bayangkan kesalahan apa saja yang dapat muncul, dan anda dapat menghadapi hal tersebut serasional dan seefektif mungkin. 

Jadi mulai sekarang, jika anda ingin jadi orang sukses, anda harus mencoba melakukan beberapa kebiasaan diatas, termasuk bangun pagi!. Terima kasih sudah membaca artikel, Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment