Saturday, March 18, 2017

Manfaat dan Dahsyat Ayat Kursi


Manfaat dan Dahsyat Ayat Kursi - Ayat Kursi diturunkan pada suatu malam selepas Hijrah. Menurut riwayat, ketika ayat kursi diturunkan disertai dengan beribu-ribu malaikat sebagai penghantarnya, karena kebesaran dan kemuliaannya. Syaitan dan Iblis menjadi gempar karena adanya suatu alamat yang menjadi perintang dalam perjuangan nya.
Rasulullah s.a.w segera memerintah kepada penulis Al-Qur’an yaitu Zaid bin Thabit agar segera menulisnya dan menyebarkannya. Ada terdapat sembilan puluh lima buah hadis yang menjelaskan fazilat ayat kursi. Disebut Ayat Kursi karena di dalam ayat ini mencakup kemertabatan dan disyiarkan di atas kebesaran Allah.
Kita sering dianjurkan untuk membaca ayat Kursi, tapi apakah kita yang sering membacanya tahu mengenai khasiat dan manfaat dahsyat dari ayat kursi itu sendiri? Ayat Kursi sendiri sebenarnya adalah bagian dari surat Al-Baqarah, surat kedua di dalam Al-Qur’an, dan merupakan ayat ke 255 dari surat tersebut. Doa ini juga dinilai sebagai salah satu doa yang memiliki derajat paling tinggi di antara surat-surat atau doa-doa yang lainnya. Meskipun memang seluruh ayat dari semua surat di Al-Qur’an adalah mulia, yang satu ini memiliki tempatnya sendiri. 


 Ayat Kursi:
Bahasa Latin:
Artinya:

Waktu Utama Membaca Ayat Kursi:
1. Ketika pagi dan petang.
2. Sebelum tidur.
3. Setelah shalat lima waktu.

Manfaat dan Dahsyat dari Ayat Kursi:

1. Siapa yang membaca ayat Kursi dengan istikhamah setiap kali selesai sholat fardhu, setiap pagi dan petang, setiap kali masuk kerumah atau kepasar, setiap kali masuk ke tempat tidur dan musafir, insyaallah akan diamankan dari godaan syaitan dan kejahatan raja-raja (pemerintah) yang kejam, diselamatkan dari kejahatan manusia dan kejahatan binatang yang memudharatkan. Terpelihara dirinya dan keluarganya, anak-anak nya, hartanya, rumahnya dari kecurian, dan kebakaran.

2. Khasiat ayat kursi yang pertama muncul dari Syeikh Abu Abbas yang mengatakan bahwasan nya siapa saja yang membaca ayat kursi hingga lebih dari (50 kali) dan meniupkannya pada air hujan, insya Allah ketika air tersebut diminum akan membuat akal serta pikiran orang tersebut lebih terbuka, dan menyebabkannya menjadi lebih mudah mencerna pengetahuan yang baru.

3. Membaca Ayat Kursi juga dapat memberikan nikmat yang luar biasa. Seperti memudahkan kita untuk mendapatkan rezeki, menjadikan diri kita sebagai seorang yang dihormati dan disegani orang lain

4. Siapa yang membaca ayat Kursi selepas sholat fardhu, Tuhan akan mengampunkan dosanya. Siapa yang membacanya ketika hendak tidur, terpelihara dari gangguan syaitan, dan siapa yang membacanya ketika ia marah, maka akan hilang rasa marahnya.

5. Melalui kita Asraarul Mufidah diketahui bahwa siapapun yang membaca ayat kursi sebanyak (18 kali) maka akan mendapatkan manfaat dari membaca ayat kursi yaitu dadanya akan dibukakan kepada bermacam-macam hikmah. Rezeki yang akan muncul kepadanya juga akan diperbanyak, dan ia akan diberikan pengaruh yang cukup besar sehingga banyak orang yang akan menghormatinya.

6. Pertolongan juga akan didatangkan oleh Allah ketika kita membaca Ayat Kursi sebanyak (170 kali). Pertolongan tersebut berupa pemberian apa yang diinginkan dan dibantu menunaikan segala hajat. Itu sebabnya Allah Maha Pengasih dan Maha Penyayang.

7. Bila di kehidupan sehari-hari kita dapat mendapat penjagaan dari manusia dengan berbagai cara berbeda dengan Ayat Kursi. Membaca Ayat Kursi menjadikan kita dilindungi oleh para malaikat selama kita tertidur. Allah akan menurunkan mereka untuk menjaga kita dan memberi rasa nyenyak, juga menghindarkan dari mimpi buruk.

8. Syeikh Buni menerangkan: siapa yang takut terhadap serangan musuh hendaklah ia membuat garis lingkaran denga nisyarat nafas sambil membaca ayat Kuris. Kemudian ia masuk bersama jamaahnya kedalam garis lingkaran tersebut menghadap kearah musuh, sambil membaca ayat Kursi sebayak (50 kali), atau sebanyak (170 kali), insya allah musuh tidak akan melihatnya dan tidak akan memudharatkannya.

9. Jika seseorang membaca ayat Kursi di perjalanan, maka orang tersebut Insya Allah akan diberikan keselamatan hingga ia tiba di tujuan.

10. Begitu pun penjagaan bagi tempat tinggal kita. Membaca Ayat Kursi sebanyak (4 kali) di empat sudut atau empat bagian rumah akan melindungi rumah kita dari segala macam bentuk kejahatan. Baik dari syaitan yang terkutuk maupun dari niat jahat orang lain seperti pencurian atau perampokan.

11. Syeikh alBuni menerangkan: Siapa yang membaca ayat Kursi sebanyak hitungan hurufnya (170 huruf), maka insyaallah, Tuhan akan memberi pertolongan dalam segala hal dan menunaikan segala hajatnya, dam melapangkan pikiran nya, diluluskan rezekinya, dihilangkan kedukaannya dan diberikan apa yang dituntutnya.

           Demikian lah yang dapat saya sampaikan, apabila ada kesalahan atau kekurangan mohon saran atau kritik yang sifatnya membangun dan sampaikan ke kolom komentar di bawah, Terima Kasih.

No comments:

Post a Comment