Thursday, March 16, 2017

Tips dan Cara Mengecilkan Perut Buncit dengan Cepat

Setiap orang tentunya menginginkan bentuk tubuh yang ideal, tidak terlalu gemuk dan juga tak terlalu kurus. Sayangnya, kebanyakan masyarakat tanah air masih menderita yang namanya perut buncit, terutama mereka para ibu rumah tangga yang sudah punya anak. Makanya banyak yang mati-matian melakukan upaya demi mengecilkan perutnya yang buncit. Perut buncit sendiri tidak hanya dialami oleh mereka yang memiliki masalah obesitas atau kegemukan, akan tetapi mereka yang badannya ideal atau kurus pun bisa terkena yang namanya perut buncit.

Tahukah Anda bahwa penumpukan lemak di perut yang menyebabkan perut buncit, bisa membahayakan kesehatan Anda?

Ya, perut buncit kalau tidak segera di atasi bisa menjadi penyebab timbulnya masalah kesehatan yang serius seperti diabetes tipe 2, peningkatan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah, serta tekanan darah tinggi yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

Penyebab Perut Buncit

1. Metabolisme tubuh

Tingkat metabolisme adalah faktor utama penyebab lemak di perut. Metabolisme yang lambat menyebabkan pembakaran kalori jadi terhambat sehingga menyebabkan penumpukan lemak. Anda dapat meningkatkan  metabolisme dengan bantuan makanan bergizi, diet seimbang dan olahraga teratur. Perlu di ketahui bahwa laki-laki dan perempuan memiliki metabolisme tubuh yang berbeda. Laki-laki memiliki metabolisme yang cenderung lebih cepat di bandingkan dengan perempuan. Sehingga, dengan porsi latihan yang sama, biasanya laki-laki akan lebih mudah mendapatkan hasil yang baik di bandingkan dengan perempuan.
Setelah memahami itu, kamu juga harus tahu bahwa oksigen yang kita hirup juga membantu membakar lemak. Jadi jangan terlalu banyak menahan nafas saat berolahraga. Sebaiknya, bernafas terengah-engah bukanlah suatu yang buruk, melainkan sesuatu yang baik dan bisa membantu membakar lemak di tubuh.

2. Genetik

Ada 2 tipe bentuk tubuh, yaitu bentuk apel dan pir. Tubuh berbentuk buah pir, penumpukan lemak terjadi di bagian bawah tubuh. Sementara tubuh bentuk apel, penumpukan lemak terjadi pada bagian tengah dan perut.

3. Pencernaan

Makan berlebihan dapat menyebabkan masalah pencernaan, seperti perut kembung dan bergas. Makan larut malam juga dapat mengganggu pencernaan, apalagi setelah makan langsung tidur, hal ini meningkatkan risiko penumpukan lemak di sekitar area perut.

4. Stress

Menurut penelitian, perut buncit bisa disebabkan karena stres, kenapa? Karena ketika mengalami stres, tubuh kita akan melepaskan hormon kortisol, hormon ini dapat merangsang penumpukan lemak di sekitar perut. Ketika Anda stres, Hormon ini menjadikan Anda mudah lapar dan cenderung makan lebih banyak.

5. Kurang Olahraga

Jika Anda malas berolahraga dan makan berlebihan tanpa aktivitas fisik, dapat menyebabkan obesitas dan lemak di perut. Olahraga secara teratur penting untuk membakar kalori dan mempertahankan berat badan yang sehat.

6. Menopause

Menopause adalah salah satu alasan utama terjadinya lemak di perut pada wanita. Setelah menopause, banyak wanita cenderung mengalami masalah lemak di sekitar perut karena perubahan hormon.

7. Alkohol

Alkohol menyebabkan turunnya laju metabolisme dan meningkatkan obesitas. Kalori yang ada pada  alkohol akan menumpuk di sekitar area perut. Itulah sebabnya kenapa orang yang suka minum alkohol, kebanyakan perutnya bengkak alias buncit.

Cara Mengecilkan Perut Buncit dengan Cepat

1. Cukupi kebutuhan serat

Baru-baru ini studi penelitian di Harvard University membuktikan konsumsi serat sebanyak 10 gram dapat mengurangi lemak sebesar 3,7 persen dalam tubuh selama lima tahun. Untuk mendapatkan 10 gram serat tersebut kamu bisa mengonsumsi dua buah apel berukuran kecil atau segelas kacang polong.

2. Kurangi makanan dan minuman manis

Yang manis-manis tidak selamanya baik. Selain bisa memicu gejala diabetes, makanan manis ternyata juga bisa meningkatkan berat badan lho. Ini tentunya menjadi mimpi buruk bagi kamu yang ingin memiliki tubuh ramping. Ada banyak sekali makanan manis tinggi kalori yang harus kamu hindari. Mulai dari minuman bersoda, kue, permen, sirup, dan lainnya. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan pemanis alami dari madu yang kaya akan manfaat kesehatan.

3. Konsumsi lemon

Tahukan dengan buah satu ini? Ya, lemon merupakan buah jeruk paling masam yang biasanya sering digunakan untuk melarutkan kotoran dan lemak di piring. Penelitian membuktikan kandungan asam salisilat tinggi dalam lemon ternyata dapat membantu membakar kalori berlebihan dalam tubuh. Secangkir air lemon sebelum sarapan setiap pagi akan sangat efektif untuk mengurangi lemak perut.

4. Tidur teratur dan cukup

Meluangkan waktu untuk istirahat dapat membantu mengoptimalkan organ-organ tubuh dalam melakukan metabolisme pembakaran lemak. Pastikan kamu tidur secara teratur sesuai dengan jadwal kebiasaan masing-masing. Keteraturan ini sangat bermanfaat untuk mengoptimalkan metabolisme ketika terbangun nantinya. Selain itu, kamu juga harus mencukupi waktu tidur setidaknya 8 jam sehari agar tubuh tetap dalam keadaan fit.

5. Diet yang tepat

Adanya perut buncit erat kaitannya dengan konsumsi lemak jenuh yang berlebihan. Lemak jenuh sendiri biasa ditemukan di daging sapi, mentega, dan produk susu. Sebaiknya mulai sekarang kamu kurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh tersebut. Agar timbunan lemak dalam perut tidak semakin banyak, kamu bisa mengonsumsi makanan sumber lemak tak jenuh seperti dari avokad dan ikan. Namun, pastikan kamu konsumsi makanan tersebut dalam jumlah wajar. Karena walau bagaimana pun lemak tak jenuh itu juga mengandung banyak kalori.

6. Kurangi porsi makan

Hampir 50 % lebih pemilik perut buncit mengaku suka nambah makan. Apakah kamu juga salah satunya? Nah jika ingin perut langsing sebaiknya mulai sekarang kurangi jatah makan. Misalnya sehari makan 3 kali, maka kamu bisa menguranginya menjadi 2 kali saja. Selain itu hindari makan malam, karena saat malam hari tubuh tidak terlalu aktif dalam membakar kalori.

7. Perbanyak Protein

Untuk menghilangkan lemak di perut Anda harus lebih banyak mengkonsumis protein. Protein tidak dapat disimpan dalam tubuh seperti lemak dan karbohidrat. tubuh hanya akan memanfaatkan satu kali saja. Protein membantu dalam mencegah kenaikan berat badan, makan cukup protein dapat membantu menurunkan berat badan karena cadangan lemak dalam tubuh digunakan sebagai bahan bakar untuk membakar kalori.

8. Berolahraga

Latihan yang konsisten dapat membantu mengurangi lemak perut. Namun latihan atau olahraga tertentu yang hanya fokus pada daerah perut kurang efektif untuk menghilangkan lemak di perut. Lemak bisa menumpuk di berbagai bagian tubuh, hampir tidak mungkin untuk mengurangi lemak hanya di satu tempat. Olahraga seperti berlari, berjalan, dan berenang, efektif untuk menjaga berat badan dan membantu mengurangi lemak perut.

Bahan Alami Untuk Mengecilkan Perut

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan dapat membantu mengecilkan perut karena mengandung protein tanpa lemak dan berbagai senyawa sehat lainnya seperti serat. Kacang-kacangan memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga mudah dicerna dan menjadikan Anda merasa kenyang lebih lama. Kacang-kacangan seperti apa yang bagus untuk menghilangkan lemak dan mengecilkan perut?Kacang putih, kacang merah muda, kacang merah, Kacang hitam, kacang pinto, miju-miju dan buncis.

2. Almond

Almond merupakan salah satu makanan super yang sangat bagus untuk menurunkan berat badan dan mengecilkan perut buncit, bagaimana bisa? Karena almond kaya akan nutrisi penting seperti magnesium, protein, vitamin E dan serat. Selain itu almond juga dapat membantu mengatasi penyakit jantung dan diebetes, kenapa? Karena almond mampu mengurangi kolesterol jahat dan menstabilkan gula darah. Almond seperti apa yang bagus untuk menghilangkan lemak dan mengecilkan perut? Almond panggang! Hindari almond yang digoreng atau dilapisi gula dan jangan makan berlebihan, cukup 10-20 almond perhari.
Bagaimana caranya? Rendam 6-8 kacang almond dalam air selama semalam dan makan kacang ini di pagi hari. Namun kalau Anda minum air lemon di pagi hari, tunggu 30-40 sebelum makan almond. Selain di rendam Anda juga bisa menambahkan almond pada salad atau sereal.

3. Lemon

Lemon kaya akan nutrisi seperti kalsium, kalium, magnesium, zat besi dan vitamin A, C dan B-kompleks serta serat pektin, protein dan karbohidrat. Serat pektin dalam lemon dapat membantu mengurangi keinginan untuk ngemil dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.
Bahan:
– 1 lemon
– 1 gelas air hangat
Cara: Peras lemon, masukan air lemon ke dalam gelas berisi air hangat. Minum air ini di pagi hari saat perut kosong.

4. Sereal Gandum

Sarapan dengan sereal gandum berserat tinggi dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama. Kombinasi sereal dengan susu dapat mempercepat metabolisme pembakaran lemak. Menurut penelitian, sarapan dengan sereal yang kaya akan kalsium dan vitamin D dapat membantu menurunkan berat badan dan membakar lemak dengan cara menurunkan produksi enzim penghasil lemak.

5. Alpukat

Memang alpukat mengadung kadar lemak tak jenuh yang cukup tinggi, namun buah yang kaya akan kalium, vitamin B, asam amino dan serat ini dapat membantu Anda mengecilkan perut dan menghilangkan lemak, khususnya di sekitar pinggang. Alpukat dapat mecegah peradangan sistemik yang merupakan penyebab meningkatnya kadar kolesterol. Selain itu juga membantu mempertahankan keseimbangan kadar gula sehingga tubuh Anda tidak menimbun kalori berlebihan. Ketika kolesterol dan gula darah stabil, tubuh tidak akan memproduksi hormon kortisol, hormon yang menyebabkan meningkaktnya berat badan.

6. Apel

Apel dapat membantu mengecilkan perut, dan mengurangi lemak khususnya lemak perut. Buah ini kaya serat, flavonoid, fitosterol dan beta-karoten. Apel juga mengandung enzim pektin yang menjadikan Anda merasa kenyang sehingga Anda tidak makan berlebihan. Polifenol dalam apel dapat mencerna semua jenis lemak.

 7. Teh Hijau

Teh hijau sangat baik untuk meningkatkan metabolisme. Selain itu, teh hijau juga mampu menghasilkan panas di dalam tubuh dan merangsang oksidasi lemak. Senyawa teh hijau yang disebut epigallocatechin gallate (EGCG) membantu merangsang pembakaran lemak.
Bagaimana cara menggunakan teh hijau untuk menghilangkan lemak dan mengecilkan perut?
Bahan:
– 1 sdt daun teh hijau
– 2 cangkir air panas
– 1 sdt madu
Cara: Masukan daun teh ke dalam cangkir, tuangkan air panas. Biarkan selama 2-3 menit, saring dan tambahkan madu.

Olahraga Terbaik Untuk Mengecilkan Perut

1. Latihan yoga

Yoga merupakan olahraga yang memusatkan perhatian pada kekuatan, kelenturan, dan pernapasan. Penelitian di India membuktikan yoga dapat membantu menghilangkan gas berlebih di perut, sehingga melancarkan pencernaan dan menghilangkan lipatan lemak di perut.

2. Bersepeda

Anda dapat membakar banyak kalori saat bersepeda. Bersepeda tidak hanya efektif dalam membantu Anda menurunkan berat badan, tetapi juga meningkatkan metabolisme tubuh.

3. Lari

Berlari merupakan salah satu cara terbaik untuk membakar kalori. Menurut sebuah penelitian, jika Anda rutin melakukan olahraga lari setiap minggu, lemak berlebih dalam tubuh Anda akan berkurang secara drastis. Selain bagus untuk pembakar lemak, olahraga ini juga menyehatkan jantung.

 4. Jalan Kaki

Salah satu latihan cardio yang mudah, murah dan efektif untuk membakar lemak perut adalah jalan kaki. Jika Anda menerapkan diet sehat dikombinasikan dengan olahraga jalan kaki selama 30-45 menit, empat sampai lima hari setiap minggu, lemak di perut Anda akan menghilang dengan cepat.

5. Jogging

Joging merupakan jenis olahraga aerobik yang bagus untuk membakar lemak. Ketika Anda jogging, tubuh Anda akan memompa oksigen ke seluruh tubuh untuk membakar lemak dan mengubahnya menjadi energi. Joging selama 20 menit setiap hari juga akan membantu kita menghasilkan defisit kalori sehingga lemak cepat tersingkir.

6. Berenang

Berenang merupakan latihan kardiovaskular yang sangat baik untuk menurunkan berat badan dan mengencangkan tubuh. Selain itu juga dapat memperkuat otot jantung dan memperbaiki pengiriman oksigen ke berbagai bagian tubuh.

Sekian dari ulasan tips dan cara mengecilkan perut secara cepat dan alami. Bagaimana, tetarik mencobanya? Itulah beberapa tips dan cara mengecilkan perut buncit yang bisa kamu coba dengan mudah di rumah. Semoga Artikel Ini Bermanfaat.

No comments:

Post a Comment