Thursday, March 16, 2017

Manfaat dan Khasiat Bengkuang Bagi Kesehatan Dan Kecantikan


Manfaat Bengkuang - Bengkuang merupakan buah yang banyak dijadikan sebagai bahan dasar produk kecantikan. Siapa yang tidak kenal citra? Salah satu produk kecantikan kulit ini berbahan dasar bengkuang. Bengkuang yang menyegarkan dan tinggi air ini kaya akan berbagai nutrisi dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Vitamin yang paling tinggi Bengkuang adalah vitamin C, sedangkan kandungan mineralnya adalah fosfor, besi, kalsium dan lain-lain.

Beberapa Manfaat Bengkuang Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Yaitu:

1. Mengurangi Bintik Hitam Wajah 
Manfaat buah bengkoang yang kedua adalah untuk mengurangi atau menghilangkan bintik hitam di wajah. Jika anda memiliki masalah dengan salah satu tanda penuaan dini yang satu ini, anda bisa menggunakan masker bengkoang sebagai solusinya.
Cara membuat masker bengkuang juga tidaklah sulit, kupas bengkoang secukupnya, lalu tempelkan masker ini pada wajah secara merata dan diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat dan di ikuti dengan air dingin. Lakukan hingga 3 kali dalam seminggi atau 4 kali. 

2. Menurunkan Kolesterol
Kabar gembira untuk anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi, ternyata buah bengkuang juga mampu membantu menurunkan kolesterol dalam darah, hal ini di sebabkan karena adanya kandungan air dan serat yang tinggi dalam buah bengkuang. Selain serat dan kadar air tinggi, kandungan vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan yang membantu pengurangan kadar kolesterol.

3. Mencerahkan Kulit 
Manfaat buah bengkoang yang pertama adalah untuk mencerahkan kulit dan wajah, manfaat buah bengkoang yang satu ini sudah tidak diragukan lagi. Ada banyak sekali produk kecantikan yang menggunakan bengkoang sebagai bahan dasarnya. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin B1 dan vitamin C yang terdapat di dalamnya. Kedua vitamin ini bekerja bersamaan untuk menyehatkan dan menjadikan tampilan kulit lebih cerah berseri. Untuk mencerahkan wajah dengan bengkoang, Anda bisa memanfaatkannya untuk masker. Kupas bengkoang segar, kemudian parut sebagian. Gunakan parutan daging buah bengkoang ini sebagai masker wajah.

4. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh
Buah bengkoang juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dikarenakan beberapa fitonutrien yang ditemukan dalam bengkuang bisa meningkatkan dan menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga terhindar dari serangan berbagai infeksi dan penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri dan mikro organisme berbahaya lainnya.

5. Menurunkan Tingkat Kolesterol Darah
Bengkuang bisa dimanfaatkan untuk menurunkan kolesterol dalam darah, hal ini karena adanya kandungan air dan serat yang tinggi. Selain serat dan kadar air tinggi, kandungan vitamin C dalam bengkuang juga berfungsi sebagai antioksidan yang juga dapat membantu pengurangan kadar kolesterol.

6. Mencegah Penuaan Dini
Buah ini ternyata salah satu buah yang tinggi kandungan vitamin C yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang menjadikan kulit lebih cepat menua. Tidak perlu repot dan susah payah kita langsung dapat mengkonsumsinya secara rutin setiap hari buah bengkuang ini untuk mendapatkan manfaatnya.

7. Mengobati Wasir
Selain menyehatkan pencernaan, buah bengkoang juga bermanfaat untuk mengatasi wasir. Lagi-lagi hal ini dikarenakan kandungan serat di dalamnya. Manfaat serat membantu memperlancar saluran pencernaan, sehingga BAB menjadi lebih mudah dan tidak menimbulkan rasa sakit. Dengan demikian, wasir akan semakin mudah dan cepat untuk disembuhkan dengan pengobatan. Untuk mengatasi wasir, buat dalam bentuk jus dan minum setiap bangun tidur di pagi hari.

8.  Mendinginkan kulit
Gunakan masker dari bengkoang parut di kulit tubuh dan wajah yang terkena sinar matahari. Anda bisa mendinginkan irisan buah bengkoang di dalam lemari es terlebih dahulu sebelum memarutnya.

9. Menjadikan Kulit Sehat
Kandungan vitamin B1, vitamin C, dan berbagai mineral penting dalam bengkoang bisa menjadikan kulit Anda lebih sehat dan segar. Konsumsi buah bengkoang segar atau jus bengkoang yang tidak ditambahkan pemanis atau susu secara teratur untuk mendapatkan kulit yang segar bercahaya alami.

10. Kecantikan
Nutrisi dalam Bengkuang juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan yang baik untuk paket kecantikan. Tidak mengherankan jika saat ini bengkuang banyak digunakan sebagai bahan untuk membuat berbagai krim. Salah satu cara tradisional perawatan kecantikan wajah adalah dengan membuat masker wajah dari bengkuang.

*Semoga Artikel Ini Dapat Bermanfaat.* :)

No comments:

Post a Comment