Thursday, March 16, 2017

Bahaya dan Dampak Telat Makan

Makan sudah menjadi suatu kebutuhan mendasar bagi setiap makhluk hidup, tidak ada makhluk hidup yang tidak membutuhkan makan. Ada banyak alasan klasik kenapa seseorang bisa sering telat makan, seperti sibuk dengan pekerjaan atau sedang menjalani program diet.
Banyak penelitian yang menerangkan bahwa ketika manusia tidak teratur dalam makan maka akan banyak penyakit yang akan menghampiri misalnya saja gangguan pencernaan atau penyakit maag, atau bisa saja karena ketidak teraturan dalam makan akan mengakibatkan kurangnya gairah, tidak bertenaga.

Berikut Ini Adalah Dampak Negative Bagi Kesehatan Bila Telat Makan, Diantaranya :

1). Metabolisme Melambat
Metabolisme tubuh selalu berjalan, meski tubuh sedang beristirahat. Tujuannya untuk membakar kalori dan mengubahnya menjadi energi. Tingkat metabolisme tubuh ini ditunjang oleh asupan kalori. Pastikan Anda mengkonsumsi kalori dengan jumlah cukup untuk menunjang proses pembakaran energi. Bila telat makan, secara otomatis metabolisme tubuh jadi ikut melambat untuk menyimpan kalori dalam tubuh, agar bisa dibakar dalam waktu yang lama. Dampaknya, lemas dan tak bertenaga, sehingga aktivitas lain pun jadi ikut terganggu.

2). Irritable Bowel Syndrome (Kram Perut)
Biasanya orang awam memiliki pemikiran bahwa dengan makan secara teratur maka akan membuat tubuh dan pencernaan menjadi sehat. Namun di sisi lain mereka juga menilai bahwa dengan mengulur waktu makan maka hal ini bisa menurunkan berat badan dengan lebih mudah. Padahal hal ini bisa membahayakan kondisi tubuh karena mengulur jam makan bisa menyebabkan Irritable Bowel Syndrome yang mengacu pada kumpulan gejala kronis distress lambung, termasuk nyeri dan kram perut, kembung, sembelit serta diare.

3). Mudah Lelah Dan Murung
Menurut Evelyn Tribole, penulis buku Eating on the Run, pasokan glukosa pada otak menjadi terganggu dalam waktu 4-6 jam sejak jam makan terakhir. Saat pasokan level glukosa rendah, berarti tubuh jadi kurang efisien untuk menjalankan fungsi normalnya. Ujungnya Anda akan mulai merasa mudah lelah, lesu, dan jadi murung. Karena, gula darah yang rendah mempengaruhi memori, konsentrasi dan juga kinerja mental atau fisik.

4). Peningkatan Asam Lambung
Asam lambung adalah salah satu permasalahan yang dapat berlangsung saat Anda melewatkan saat makan. Bila Anda terbiasa makan siang di pukul 12 serta lalu Anda tiba-tiba berhenti mengerjakannya, jadi asam lambung yang telah terbiasa berproduksi akan bermasalah. Fakta nya asam lambung bakal terus diproduksi di perut Anda pada saat itu. Disamping itu, produksi asam tanpa ada makanan di perut dapat membakar susunan perut, yang sering dikatakan sebagai maag.

5). Diabetes
Apabila Anda meremehkan saat makan, jadi pada malam harinya besar kemungkinan Anda bakal terasa sangatlah lapar. Hasrat untuk konsumsi makanan olahan rendah serat atau tinggi gula juga bertambah. Asupan gula tinggi ini, terlebih pada malam hari, dapat menyebabkan tidak seimbangan hormon insulin pada badan, yang setelah itu dapat menyebabkan diabetes sesudah satu tahun lebih.

6). Gejala Stress
Jika anda sering melewatkan jam makan dan perut terasa nyeri maka ada kemungkinan anda mengalami stres. Gejala stres bisa disebabkan karena sering melewati jam makan karena tubuh akan memberikan respon dengan memberikan reaksi alami saat berhadapan dengan faktor stres baik secara mental atau fisik. Stres sendiri bisa disebabkan oleh rutinitas kerja yang membosankan, tekanan di tempat kerja, ataupun beban pikiran yang menumpuk. Hasil studi yang dinyatakan oleh Georgetown University Helath Education Services menyebutkan bahwa stres yang dikarenakan sering terlambat makan memiliki banyak bentuk seperti mudah cemas, sakit kepala, lupa makan dan sering mengalami kram perut.

7). Migrain
Maag bisa juga memberikan dampak negatif lain yaitu migrain atau sakit kepala sebelah. Hal ini bisa terjadi karena seseorang telah mengidap penyakit mag dalam waktu yang lama hingga akhirnya merambat menjadi migrain.

8). Kolesterol dan Penyakit Jantung
Seseorang yang sering terlambat makan biasanya kekurangan asupan nutrisi seperti kalsium, kalium dan serat namun di sisi lain akan lebih banyak mengonsumsi lemak. Hal ini akan memicu tingginya resiko terkena penyakit kolestrol atau penyumbatan pembuluh darah dan dalam jangka waktu yang lama bisa menimbulkan penyakit jantung.

9). Haid atau Menstruasi Menjadi Tidak Teratur
Bagi wanita dewasa atau yang telah memasuki masa pubersitas jangan sampai melewatkan jadwal makan karena hal ini bisa menyebabkan haid atau menstruasi tidak teratur.

Tips Aman Ketika Telat Makan

1). ketika telat makan dan merasakan nyeri di perut, usahakan jangan langsung mengkonsumsi makanan yang berat, seperti nasi, usahakan dulu dengan makanan yang bersifat lembut atau yang berasa manis, seperti teh manis hangat, karena pada saat itu mungkin saja asam di lambung masih tinggi dan dengan meminum sedikit yang manis. asam lambung nya bisa sedikit turun, atau dengan mengawali dengan makanan yang bersifat lembut dengan tujuan agar perut tidak terlalu berat bekerja karena sebelumnya dalam keadaan tidak fit.

2). Setelah beberapa menit atau kira-kira setengah jam kemudian cobalah untuk makan makanan yang agak berat seperti nasi, guna untuk mengisi kekosongan karena telat makan tadi.

3). Jangan dulu memakan makanan yang bersifat asan atau pedas, karena di khawatirkan akan meningkatkan asam lambung kita, dan semakin memperparah kondisi perut kita.

4). Kalau semua udah di lakukan dan perutnya masih sakit, cobalah minum obat sakit perut yang biasa anda konsumsi, seperti obat yang bersifat menetralkan asam lambung.


5). Apa bila masih sakit juga berarti Anda harus mengunjungi dokter terdekat untuk mengetahui apa yang anda derita.

"TOLONG SHARE ARTIKEL INI AGAR LEBIH BANYAK YANG TAHU".

No comments:

Post a Comment