Thursday, March 16, 2017

15 Macam Produk Dari Google


Kita tahu bahwa Google merupakan perusahaan raksasa yang sukses dengan beragam jenis produknya yang memberikan manfaat bagi penggunanya. Bahkan Produk google mampu mengalahkan beberapa produk dari microsoft hingga tercatat menjadi nomor wahid/satu menurut ranking alexa yang disusul oleh facebook.
Google merupakan salah satu perusahaan asal Amerika Serikat yang berfokus pada jasa dan produk internet. Sejak tahun 2006 silam, perusahaan yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ini hampir tidak tersaingi oleh perusahaan-perusahaan sejenisnya. Misinya adalah “mengumpulkan informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan bermanfaat oleh semua orang”, dan slogan tidak resminya adalah “Don’t be evil”.

Terdapat beberapa produk google yang paling populer atau banyak digunakan orang serta memberikan manfaat besar diantaranya sebagai berikut:

1. Google Calendar
Google Calendar merupakan layanan pengatur kalender kegiatan, event atau acara apa saja. Untuk anda yang mempunya jadwal yang ketat dalam menulis tulisan yang berkualitas google calendar ini dapat anda manfaatkan sebagai organizer online anda. Fitur update melalui SMSnya pun bisa anda gunakan sebagai penggati reminder pada handphone anda. Google calendar juga terintegrasi ke dalam Gmail melalui widget calendarnya. Event yang anda buat bisa anda share kepada teman atau kelompok secara mudah. Kegunaanya sebagai organizer untuk membantu mengatur jadwal kegiatan blogging anda.

2. Google Search
Google search adalah product google yg paling terkenal, segala info yg Kamu perlukan akan dapat tercukupi dgn membuka Google Search ini. Dikarenakan kelengkapannya itulah jadi alasan orang Indonesia menyebutnya dgn sebutan Mbah Google. Bahkan tak sedikit browser yg meneteapkan Google search sbg mesin pencari default-nya.

3. Youtube
Youtube ialah salah satu product Google yg dikhususkan buat kepentingan video sharing. Telah banyak video yg diupload di Youtube. Dari sekian banyak video yg sukses diupload di Youtube, tak sedikit beberapa orang yg sukses terangkat namanya berkat video yg mereka upload di Youtube.

4. Gmail
Gmail adalah salah satu pelayanan dari Google Inc. yg diperuntukan utk kebutuhan pengiriman & penerimaan surat elektronik. Dgn kapasitas daya simpan awal 1 GB per pengguna, Gmail sukses meningkatkan standar daya simpan gratis surat web dari 2-4 MB yg ditawarkan para pesaingnya pada saat itu.

5. Google Translate
Pertama kali google translator muncul, hasil terjemahannya masihlah diremehkan. Berjalannya waktu, google translator memperlihatkan keakuratan yg termasuk juga baik. Google lakukan penerjemahkan dgn pendekatan yg dinamakan penerjemahan berdasar statistik. Penerjemahan demikian adalah hasil penelitian Franz-Josef Och yg sudah memenangkan pertandingan DARPA utk kecepatan mesin terjemahan pada thn 2003. Saat Ini Och jadi kepala departemen mesin penerjemah Google.

6. Google+
Google+ adalah website jejaring sosial besutan Google yg sanggup dibilang nyaris mirip dgn Fb. Walaupun belum dapat mengalahkan Fb & twitter, tapi keunggulannya tak bisa diremehkan. Google+ dipakai oleh beberapa kalangan seperti selebriti, presiden Barack Obama, pebisnis, dan warga umum. Yg jadi keunggulan google+ dibanding Fb merupakan live video call lebih dari seorang, tak terbatas berapa orang. Alicia Keys contohnya sempat memakai google+ buat memperkenalkan album terbarunya pada publik dgn google+.

7. Google Map
Google Map diperkenalkan pada tahun 2005, dan pada tahun 2008 google memberikan fitur yang menarik yakni orang dapat mencari suatu daerah atau tempat bahkan gang menuju suatu rumah  hanya dengan google map, terlebih google map mampu menunjukkan jalan mana saja yang dapat dilalui menuju tempat yang diinginkan.

8. Google Docs
Google Docs yaitu pelayanan pengolah kata, lembar sebar, presentasi, formulir, & daya simpan data berbasis situs gratis dari Google. Pelayanan ini pertama kali diluncurkan pada 10 Oktober 2006 sbg gabungan dua pelayanan : Writely & Spreadsheets. Pelayanan presentasi diluncurkan pada 17 September 2007 sedangkan pelayanan daya simpan data untuk berkas apa pun (sampai maksimum 1 GB per berkas) diluncurkan pada 13 Januari 2010.

9. Blogger
Blogger merupkan product dari Google yg awalnya diperuntukan bagi mereka yg benar-benar hobi posting. Tapi makin berkembangannya teknologi & makin maraknya pemakaian internet, blogger telah jadi ladang mencari penghasilan bagi sebahagian orang. Pelayanan yg diberikan serta gratis, tidak dengan dipungut anggaran.

10.  Google Books
Pepatah menyampaikan “Buku ialah jendela dunia.” Lewat buku kita mampu mendapat wawasan. Akan tetapi buku terbatas di bawa ke mana-mana, sehingga terciptalah google books. Google books seperti perpustakaan komplit dalam seluruhnya bahasa. Meskipun google books mudah peggunaanya, tapi tetap ada saja kekurangan. Yakni, tak sanggup di unduh dengan cara free, utk sekedar membaca kamu tak butuh membayarnya. Tetapi utk disimpan tak sanggup. Kecuali memakai penerapan tertentu buat menerobos system pertahanan google books.

11. Google Chrome
Sebuah web browser yang dengan keunggulannya sebagai browser tercepat ini diperkenalkan tahun 2008. Chrome bersaing ketat dengan pendahulunya seperti Mozilla Firefox dan Internet Explorer maupun Opera.
Chrome kini menjadi salah satu pilihan browser utama bagi pengguna internet diseluruh dunia, pasalnya selain kecepatannya, juga memiliki banyak fitur yang bisa diterapkan pada browser ini. Selain itu, chrome kini jadi alternatif utama dalam mobile browser terutama bagi pengguna android.

12. Google Drive
Google Docs mencakup pengolah kata seperti word, editor spreadsheet dan aplikasi presentasi. Singkatnya, ia memiliki aplikasi perangkat lunak dasar yang banyak perusahaan butuhkan. Google memberikan solusinya dalam menyimpan dan membuat file perushaan atau pribadi dalam Google Doc. Namun saat ini Google Doc telah berubah nama menjadi Google Drive yang sebagian besar aplikasinya sama dengan Google Doc namun menambahkan beberapa fitur lainnya.
Google Drive menjadi solusi penyimpanan data secara besar-besaran di server google, sehingga hard disk tidak lagi diperlukan. Namun demikian keamanan data harus tetap diperhatikan bagi penggunanya.

13. Google Adsense
Google adsense merupakan fitur yang sangat menarik karena ia memberikan solusi bagi pengguna internet untuk meraih dollar melalui iklan yang disediakan google yang bisa dipasang didalam website maupun blog. Telah banyak orang yang sudah memanfaatkannya sebagai usaha utama atau sampingan selain mengelola website.

14. Google News
Satu lagi layanan untuk membantu anda melihat berita-berita terkini dari google dan bisa anda filter dengan topik yang anda inginkan. Bagus untuk sumber inspirasi tulisan blog anda. Kegunaanya bisa dijadikan sumber berita untuk tulisan blog anda.

15. Google Images
Jika anda membutuhkan foto untuk keperluan tulisan anda, selain Filckr dan Picasa, google images menjadi alternatif lain untuk mencari foto yang pas. Kegunaanyamembantu anda mencari gambar atau foto untuk tulisan blog anda.

No comments:

Post a Comment