Tuesday, March 14, 2017

Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat


10 Tips dan Saran Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat - Sebentar lagi pelaksanaan UN ya ? Tidak lama lagi SBMPTN, dan sampai sejauh mana persiapan mu dalam meneruskan studi ? Kali ini saya akan memberikan informasi berupa tips dalam memilih jurusan kuliah. Seringkali kita bingung untuk memilih apa yang sesungguhnya pas buat kita. Jangan sampai kita salah memilih jurusan saat kuliah, dengan menghamburkan waktu dan uang kita, namun akhirnya menyesal karena merasa salah memilih jurusan dan tidak cocok buat kita.
Memilih jurusan kuliah merupakan sesuatu yang harus dihadapi oleh para murid setiap tahunnya setelah lulus SMA dan memilih jurusan kuliah yang tepat itu kadang bisa menjadi hal yang cukup berat.
Menentukan jurusan kuliah tidaklah sulit jika Anda telah mengenal bakat dan minat Anda. Akan tetapi jika Anda masih bingung dan belum ada gambaran, semoga dengan tips-tips di bawah ini dapat mengarahkan Anda dengan baik.

Berikut tips dari saya untuk memilih jurusan kuliah yang tepat:

1. Jangan Ikut-ikutan Orang Lain
Hal paling mainstream saat memilih jurusan kuliah adalah ikut-ikutan teman. Kenapa saya tidak menyarankan ? Karena kuliah itu bukan seperti SMA lagi, kuliah itu sangat menentukan masa depan anda. Jika anda ikut-ikutan dalam memilih jurusan kuliah, belum tentu kemampuan anda dan teman anda sama, hasilnya juga akan berbeda kedepannya. Selain itu, ikut-ikutan gak akan membawa anda maju kedepan, karena yang dibutuhkan untuk bisa maju dan sukses adalah yakin untuk menentukan langkah kita sendiri. Untuk itu, jangan ikut-ikutan saat memilih jurusan kuliah. 

2. Jangan Memilih Jurusan Karena Terpaksa Dari Orang Di Sekitar
Selain ikut-ikutan, jangan memilih jurusan karena terpaksa. Karena hidup yang diselimuti oleh keterpaksaan akan membuat hidup anda tidak bahagia. Mungkin rasa terpaksa ini pernah anda rasakan saat masih di sekolah, seperti terpaksa bangun pagi, terpaksa buat PR dsb, tentu saja rasanya gak enak bukan? Sekarang coba bayangkan anda kuliah secara terpaksa dan bekerja secara terpaksa. Tentu itu akan cepat membuat anda mudah lelah dan stres, apalagi hal tersebut dilakukan dalam jangka waktu panjang. Untuk itu pilihlah jurusan yang memang anda minati. 
  
3. Jangan Memilih Jurusan Karena Coba-coba
Kuliah itu merupakan salah satu bentuk investasi untuk hidup anda di masa depan, dan untuk berinvestasi tidak membutuhkan dana yang sedikit. Maka dari itu, pikirkanlah matang-matang bagaimana anda ingin menginvestasikan diri anda kedepannya agar uang dan waktu anda tidak terbuang sia-sia.

4. Sesuai Dengan Minat Dan Bakat
Memilih jurusan kuliah identik dengan minat dan bakat, makanya banyak murid yang mengikuti tes minat dan bakat sebelum memilih jurusan kuliah. Menemukan minat dan bakat akan sangat membantu untuk anda saat kuliah nanti. Minat akan membantu anda untuk tetap semangat dalam berkuliah, sedangkan bakat akan mempermudah anda dalam kegiatan belajar di perkuliahan.

5. Bertanya Kepada Orang Tua
Bertanya tentang jurusan kuliah dengan orang tua sangatlah penting, karena orang tua itu pernah mengalami memilih jurusan yang kurang sesuai minat atau bakat kita, disitulah gunanya berdiskusi. Selain saling bertukar pikiran, berdiskusi dengan orang tua juga akan menghindari anda dari kuliah secara terpaksa.

6. Kenali Lebih Jauh Jurusan yang Dipilih
Seperti cinta, kenali terlebih dahulu baru pacaran. Jadi sama halnya dalam memilih jurusan kuliah, kenali dan cari tahu tentang jurusan yang anda minati dulu, setelah itu baru anda memilih.

7. Jangan Mengutamakan Uang
Rata-rata orang cenderung memilih jurusan kuliah karena prospek kedepannya saja, apakah jurusan kuliah itu akan menghasilkan uang yang banyak atau tidak, tanpa melihat kemampuan dirinya sendiri.

8. Kalau Bisa Pilih Jurusan Kuliah yang Sesuai Cita-cita
Memilih jurusan sesuai cita-cita tentu akan lebih memotivasi anda untuk serius dan semangat kuliah. Hal ini akan membantu anda untuk bisa lebih maju kedepan, dibandingkan dengan kuliah di jurusan yang tidak sesuai cita-cita anda. Tapi, mungkin saja ada situasi dimana anda tidak bisa kuliah sesuai cita-cita anda, maka dari itu pilih jurusan yang masih anda minati dan kalau bisa ada hubungannya dengan cita-cita anda.

9. Pilihan Alternatif
Dalam memilih jurusan kuliah jangan hanya berpatok dengan satu pilihan saja (kecuali anda memang yakin pasti mendapatkannya), melainkan harus ada beberapa pilihan alternatif, yang penting masih anda minati. Karena untuk bisa masuk di universitas dan jurusan yang anda inginkan, khususnya di Indonesia, gak mudah dan banyak saingannya. Jadi kalau pilihan pertama tidak berhasil anda gak akan kebingungan, karena masih ada pilihan alternatif lainnya.

10. Komitmen Dengan Pilihan
Hal ini adalah salah satu yang wajib kita masukkan dalam aspek pertimbangan kita dalam memilih jurusan studi Kuliah. Pertanyaan yang harus kita jawab adalah seberapa jauhkah berkomitmen kita untuk jurusan studi kuliah tersebut. Pastikan kita selalu berkomitmen tentang pilihan kita dan hadapilah segala masalah yang ada di dalam perjalanannya.

Demikianlah sedikit tips-tips untuk menentukan jurusan kuliah. Semoga dapat membantu anda dalam menentukan jurusan kuliah dan juga bisa memberikan pandangan dalam melangkah kedepan nya.


No comments:

Post a Comment